Apa Itu Milestone?

apa itu milestone
27 July 2015 26 September 2018 Bisnis Staf Interogasi

Milestone atau timeline kerap digunakan dalam manajemen proyek dan akan dapat mempermudah estimasi waktu penyelesaian proyek / pekerjaan. Milestone sendiri adalah tolok ukur waktu yang berupa aktifitas kerja dan terkadang tidak disertai durasi waktu, jadi milestone dapat dikatakan proyeksi waktu pengerjaan. Milestone dalam suatu proyek berguna untuk mencantumkan jadwal waktu pekerjaan yang biasanya disertakan didalam dokumen kontrak guna keperluan estimasi penyelesaian dan pengawasan pekerjaan.

Memilah Milestone

Tidak semua proses efisien dijadikan satu milestone, karena milestone umumnya bersifat makro. Contohnya milestone dalam pekerjaan pengembangan website, proses mengunggah sebuah foto atau gambar tidak efisien dijadikan satu tonggak milestone. Tonggak ukur milestone dalam pengembangan website misalnya:

  1. Diskusi dan persetujuan konsep
  2. Kesepakatan kontrak dan schedule
  3. Tahap pengerjaan
  4. Review dan evaluasi hasil pekerjaan
  5. Persetujuan dan penyelesaian kontrak kerja
  6. Masa garansi pemeliharaan dan dukungan

Dari contoh poin poin diatas terlihat bahwa setiap tonggak milestone merupakan rangkaian dari beberapa proses pekerjaan.

Manfaat Milestone

Milestone sangat berguna sebagai tolok ukur waktu suatu proyek / pekerjaan, dalam setiap tonggak milestone tim yang terlibat juga dapat melakukan pelaporan dan evaluasi perkembangan pekerjaan. Pada satu milestone biasanya terdapat tenggat waktu guna keperluan manajemen resiko apabila terjadi kendala pada satu tonggak milestone. Kesimpulannya, milestone merupakan alat bantu manajemen proyek, agar dapat dikelola dengan baik dan tepat waktu.


Foto 0KM oleh: Користувач:Shao

INTEROGASI MEDIA


OFFICE:
Jl Vila Pamulang Blok CG7, Pamulang, Tangerang Selatan, Banten.

Jl. Kyai Ronggomulyo no. 59A, Jepara, Jawa Tengah.

WAREHOUSE:
North East Alderwood rd, Portland, USA

Layanan Mikro


  • Traffic Website
  • Troubleshooting Server / Website
  • Setup / Konfigurasi Server
  • Addons / Fitur Tambahan Website